Anda Wajib Tahu !! Tips Aman Belanja Online Saat Ini

Anda Wajib Tahu !! Tips Aman Belanja Online Saat Ini

Saatnya Anda Tahu, Tips Aman Belanja Online Saat Ini

Dari hasil studi yang dilakukan oleh Forrester yang bertujuan untuk menganalisa tentang tips aman belanja online, menunjukkan bahwa ada peningkatan pengguna yang berbelanja online pada saat-saat menjelang liburan

Namun, saat – saat seperti ini, nyatanya, yang senang bukan cuma situs-situs web jualan, tapi juga menjadi daya tarik yang besar bagio para “maling dumay”, karena semakin banyak transaksi, semakin besar pula kemungkinan mereka mendapat apa yang mereka inginkan.

Sebagai pengguna, terlebih Anda yang sering melakukan transaksi – transaksi online, Anda wajib tahu tips aman belanja online seperit yang akan kami uraikan dibawah


Lalu bagaimana agar Anda dapat terhindar dan terbebas dari incaran para pelaku kejahatan tersebut? Simak ulasan Tips Aman Belanja Online dibawah ini :

  1. Tips aman belanja online pertama ini, yakni Anda wajib memiliki Proteksi PC Anda dengan memasang antivirus, seperti : anti spyware dan firewall. selain itu juga, perangkat lunak komputer Anda akan memerlukan update juga, sehingga lebih terlindung dari ancaman terbaru. Untuk meringankan tugas anda, sebaiknya, atur saja proses update secara otomatis.
  2. Anda pasti sering mendapatkan godaan promo – promo bahkan tidak jarang juga, Anda mendapatkan promo untuk produk yang sedang Anda cari. Dalam hal ini, Anda sebaiknya tetap jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer. Umumnya merkea mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Untuk meminimalisir hal ini, sebaiknya, Anda kunjungi situs web perusahaan baik-baik saja yang sudah Anda ketahui kapabilitasnya dan langsung belanja dari sana. Hindari klik link belanja langsung dari via e-mail atau jendela pop-up.
  3. Situs yang mendukung keamanan, biasanya memiliki tanda di browser nya, misal tanda gembok dan mereka terdaftar di berbagai media kepercayaan, seperti polisi online [dot] com dan sejenisnya. Jadi, sebelum memasukkan informasi pribadi, disarankan periksa dahulu tanda – tanda itu ada. Ketika Anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web, harusnya alamat situs web berubah dari http ke ‘shttp’ atau ‘https’. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, jadi transaksi Anda dapat terjamin lebih aman.
  4. Selektif dalam memilih metode pembayaran, terlebih yang berhubungan dengan pembayaran dengan kartu kredit. Karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.
  5. Sebelum melakukan pembayaran, Anda sebaiknya juga melakukan pengecekan terhadap kualitas dan informasi barang terlebih dahulu. Jika penjual atau produk berada di luar kota, mintalah bantuan kepada keluarga atau teman yang tinggal di kota tersebut untuk mengecek produk yang akan dibeli.
  6. Untuk metode / system pembayaran transfer, Anda perlu melakukan pengecekan dokumen penjual terlebih dahulu seperti fotocopy KTP, SIM dan nomor rekening penjual. Apakah ketiga dokumen tersebut memiliki nama yang sama atau tidak, asli atau tidak (ada data-data di dokumen yang dirubah), apakah diantara dokumen tersebut ada yang meragukan atau tidak.
  7. Penjual yang sudah profesional, biasanya juga memiliki account social media, coba Anda lakukan pengecekan terhadap account penjual tersebut, sudah berapa lama dia memiliki account tersebut, berapa banyak teman/koneksi yang dimiliki dan informasi-informasi lain yang bisa meyakinkan anda.
  8. Tetap waspada, jangan mudah terpancing jika penjual memberikan informasi atau janji-janji yang berlebihan (misal: harga terlalu rendah, alasan banyak orang lain yang berminat dan anda diminta harus segera transfer DP, dll).
  9. Membaca kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda, ini perlu Anda ketahui, jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Kebijakan lainnya juga, seperti : kebijakan pengembalian barang, garansi kalau barang yang dikirim cacat, dimana Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.
  10. Anda dapat juga melakukan pengecekan terhadap harga total. Coba Anda bandingkan dengan kondisi harga – harga di situs lain, apakah betul – betul murah atau hanya permainan kata – kata harga saja
  11. Simpan bukti transaksi Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.
  12. Saat sudah selesai transksi, Anda dapat juga memutuskan hubungan PC dengan Internet, karena bisa saja sudah ada “pengintai” yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.

Demikian Hal – hal yang wajib Anda tahu tentang tips aman belanja online saat ini, jangan sampai Anda lengah, karena mereka tetap terus mengintai Anda. reff : kompas

Pilih Layanan Kami Untuk Anda :